Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa. (foto: Dok.DD)

Lembaga Filantropi Dompet Dhuafa mencatat penghimpunan dana sebesar Rp 314 miliar pada tahun 2016. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 18 persen dari tahun sebelumnya. Dengan porsi dana zakat sebesar 60%.

Dari dana tersebut, jumlah penerima manfaat mencapai 1,7 juta jiwa di tahun 2016 yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Sisanya tersebar di 16 negara.

“Penerima manfaat tersebut melingkupi program Dompet Dhuafa yang terdiri dari bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Pengembangan Sosial,” jelas Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan di Jakarta, Selasa (10/1).

Dalam keterangan resminya yang diterima Fabana.id. Imam menjelaskan, atas kepercayaan masyarakat pada tahun 2015, jumlah dana yang diterima Dompet Dhuafa mencapai Rp 263 miliar.

Imam melanjutkan, kenaikan penghimpunan Dompet Dhuafa di tahun 2016 secara makro bisa jadi berhubungan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang juga perlahan mulai pulih dalam kisaran trennya. Kemungkinan yang lain adalah kesadaran masyarakat dalam berderma semakin meningkat.

“Sayangnya kondisi kemiskinan di negeri ini kemungkinan belum banyak perubahan. Lantaranadanya berbagai faktor yang turut memperparah kondisi kemiskinan, seperti kenaikan harga-harga yang tidak terkendali, bencana alam, dan korupsi,” kata Imam.

Sebab itu, meski penghimpunan Dompet Dhuafa relatif meningkat, jumlah masyarakat miskin masih banyak yang harus dibantu. Dengan begitu diharapakan pertumbumbuhan dana Ziswaf dapat tumbuh signifikan seiring kesadaran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Imam menuturkan, Dompet Dhuafa masih terus mengembangkan program-program pengentasan kemiskinan secara konkret. Dompet Dhuafa terus mengajak publik untuk bersinergi mengulurkan tangannya membentang kebaikan terhadap para dhuafa.

“Capaian Dompet Dhuafa selama ini merupakan rahmat Allah yang mewujud dalam kepercayaan publik dan mitra institusi. Atas segala dukungan dan kepercayaan para donatur dan mitra institusi, kami mengucapkan banyak terima kasih sedalam-dalamnya,” pungkas Imam.