FABANA.id – Cikarang.┬áSekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Insan Kamil, Cikarang, Kabupaten Bekasi menggelar pelatihan jurnalistik online, Senin (31/7/2017). Acara yang merupakan bagian dari Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa menyambut tahun ajaran baru ini bertempat di Aula SMPIT Insan Kamil dan dihadiri 217 siswa.

Bertindak sebagai narasumber adalah Chief Executive Officer Fabana.id, Yulian Ma’mun. Dalam presentasinya, pria kelahiran Banjarmasin ini mengenalkan jurnalistik online kepada para siswa.

“Tanpa sadar, kalian (para siswa) sudah jadi wartawan atau reporter dengan menulis status atau update foto di media sosial. Tinggal bagaimana apa yang kalian share itu menjadi manfaat,” ungkapnya.

Semua orang bisa bikin berita…
Semua orang bisa jadi reporter…

Ma’mun juga mengajak para siswa praktek menulis berita singkat dan merekam video wawancara dengan ponsel. Bagi pemula, memang sedikit sulit dalam merangkai tulisan, namun jika dilatih terus akhirnya menjadi lancar. Menulis dapat dimulai dari hal kecil seperti curhat di buku harian.

Pelatihan ini bertujuan agar para siswa ikut andil dalam berbagi informasi di era teknologi digital yang semakin berkembang dan tanpa batas. Siswa juga diharapkan dapat menumbuhkan tanggungjawab dalam apa yang disampaikannya baik dalam berkomunikasi atau media sosial.

“Insya Allah mulai tahun ini kami akan membuka ekskul diskusi dan studi ilmiah serta majalah dinding. Semoga pelatihan ini bisa merangsang para siswa belajar menulis dan jurnalistik,” ungkap Irfan Fahrizal, Kepala sekolah SMPIT Insan Kamil.

Irfan menambahkan bahwa wilayah Cikarang yang merupakan kawasan industri sangat rawan bagi pertumbuhan remaja. Banyak hal-hal negatif sewaktu-waktu bisa memberi dampak negatif pada anak yang beranjak remaja. Oleh karena itu, jurnalistik adalah salah satu kegiatan siswa agar menggunakan waktu secara positif. (MYM/F)