Trik jitu penulis pemula untuk dapat segera menulis bisa menggunakan metode (Read, Write & Publish) yang cukup efektif. Hal ini dapat dilihat melalui banyak indikator seperti saat seseorang sering untuk membaca segala hal, membaca fenomena, membaca berita, hingga membaca sebuah gambar.

FABANA.id. Seringkali kita dihadapkan dengan keinginan yang kuat untuk membuat sesuatu, namun terkadang keinginan kuat tersebut hanya bertahan diawal-awal saja, jika tidak dibarengi dengan aksi nyata untuk mewujudkanya. termasuk juga dalam hal tulis menulis, banyak orang yang mengeluh dan mengalami kesulitan saat ingin pertama kali memulai untuk menulis, mereka selalu saja banyak bertanya mengenai cara menulis, apa yang harus ditulis,hingga waktu ideal untuk menulis.

Sudah banyak sekali buku serta informasi yang bertebaran mengenai trik-trik untuk penulis pemula, tinggal bagaimana seseorang dapat merealisasikanya dengan karya nyata bukan saja keinginan kuat semata. sesungguhnya menulis itu cukup mudah terlebih di zaman teknologi yang sudah cukup canggih saat ini.

Menulis bisa saja menggunakan beragam fasilitas termasuk dengan handphone, melalui aplikasi note atau catatan yang disematkan disetiap handphone kini setiap orang sudah dapat mencurahkan segala sesuatunya untuk ditulis. salah satu kelebihan menulis menggunakan aplikasi note atau catatan yakni waktu yang digunakan lebih fleksibel, userfriendly (karena menulis layaknya menulis short message yang hampir setiap saat dilakukan) dan biaya yang murah.

Trik jitu penulis pemula untuk dapat segera menulis bisa menggunakan metode (Read, Write & Publish) atau jika disingkat menjadi RWP, metode RWP ini menurut sebagian orang terkesan cukup rumit, karena proses yang harus dilalui sangat banyak. Penulis dituntut untuk membaca terlebih dahulu, Penulis juga diharuskan untuk kosentrasi penuh menuliskan kata-kata dalam sebuah kalimat.

Sebenarnya metode RWP ini cukup efektif. hal ini dapat dilihat melalui banyak indikator seperti saat seseorang sering untuk membaca segala hal, membaca fenomena, membaca berita, hingga membaca sebuah gambar. setelah itu tugasnya adalah menuliskanya dengan berbagai alat atau tools menurut bahasa dan gaya menulis sesuai karakternya. agar tulisan dapat dinikmati dan dibaca oleh semua orang maka perlu untuk mempublikasikanya.

Publikasi jangan diartikan secara sempit sebagaimana mencetaknya menjadi buku yang memerlukan banyak tenaga dan biaya. publikasi sendiri bisa melalui banyak media seperti media sosial, personal blog, website kampus, dan banyak lagi lainya. publikasi merupakan unsur yang paling penting dalam metode RWP ini karena darisitulah para penulis pemula sesungguhnya belajar. belajar untuk menyajikan sebuah tulisan yang bagus dan belajar untuk mengetahui kesalahan dalam menulis.

Semua metode serta trik untuk penulis pemula yang ditawarkan oleh banyak orang tentunya bisa saja sesuai atau tidak dengan karakter penulis pemula. sebab penulis pemula seringkali memiliki penyakit kambuhan yang sangat sulit untuk disembuhkan, penyakit inkonsistensi menulis menjadi penyakit yang paling mengerikan untuk semua kalangan penulis, yang akhirnya menyebabkan ide atau gagasan yang ingin ditulis seakan lenyap tak berbekas.

 

Oleh: Charis Hidayat (Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya)