jokowi-ke-gontorSebagai bagian dari partisipasi Gontor dalam kehidupan demokrasi dan bernegara, rapat Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) memutuskan, semua santri dan guru Gontor di semua kampus, yang berasal dari Jakarta diizinkan pulang untuk menyukseskan Pilkada DKI 2017, 15 Februari 2017 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur KMI Gontor, KH Masyhudi Shobari seperti dikutip di Gontornews (9/2/2017).

“Hasil musyawarah Pimpinan Gontor, santri/guru Gontor semua kampus diizinkan pulang 13-16 Februari 2017 untuk Pilkada DKI. Waffaqonallah jami’an lima yuhibbu wayardho,” ungkapnya

Meski fokus pada pendidikan, namun PMDG tetap memperhatikan perkembangan politik nasional. Terbukti, Presiden RI Indonesia mulai dari era Soeharto hingga Joko Widodo pernah sowan ke Pondok pesantren yang terletak di Ponorogo tersebut.

Meski demikian, Pimpinan Gontor memastikan bahwa politik praktis bukan orientasi mereka. Bagi Gontor, pendidikan adalah politik tertinggi.

“Gontor tidak berpolitik praktis karena Gontor adalah lembaga pendidikan,” ungkap Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal, dalam setiap ceramahnya.

“Politik tertinggi adalah pendidikan,” tambah Mashudi.