Robert Lewandowski menambah deretan pemain sepakbola dunia yang memperhatikan pendidikan. Penyerang asal Polandia yang merumput bersama klub raksasa Jerman, Bayern Muenchen ini meraih gelar sarjana sehari setelah ikut andil membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2018 berkat kemenangan 4-2 atas Montenegro dalam pertandingan kualifikasi.

Pemain bergaji 160 ribu Euro (sekitar 2,5 milyar Rupiah) per pekan di klubnya ini, lulus dalam bidang Manajemen Kepelatihan dari School of Education in Sport di Warsawa, Polandia. Selama 10 tahun ia menyelesaikan pendidikan tinggi dengan skripsi yang berjudul “RL9, Jalan Menuju Kesuksesan”. Skripsi ini menceritakan tentang perjalanannya meniti karir sebagai pesepakbola profesional ditilik dari sudut pandang kepelatihan dan manajemen.

RL9 merupakan inisial dari nama dan nomor punggung dan digunakan untuk personal branding ayah satu orang puteri ini. Raihan ini melengkapi sederet prestasi individu yang diraihnya termasuk top skor Liga Jerman musim 2013-2014 dan 2015-2016.

Profesor Marek Rybinski sebagai anggota tim penguji menilai bahwa jawaban-jawaban Lewandowski saat mempertahankan skripsinya tersebut ‘excellent‘. Lewy (panggilannya) pun berhak menggondol gelar Bachelors of Science (B.Sc).

Selamat ya Lewy.