Fabana.id- Jakarta. Persatuan Istri-Istri Insinyur Indonesia (PIII) merayakan hari ulang tahun yang ke-50 tahun. Acara puncak HUT PIII ini bertema “PIII Peduli Terwujudnya Kualitas Hidup Manusia Indonesia yang Sejahtera dan Berbudaya”. Adapun acara digelar di Hotel Sultan Jakarta dan dihadiri beberapa tokoh nasional seperti Emil Salim, Rabu (22/11)

Pada acara puncak HUT PIII ke-50 ini juga digelar talk show dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Terkini dan Terbarukan dalam Mendorong Perilaku Hemat Energi Keluarga Indonesia”. Talk show ini menghadirkan beberapa pembicara, Rida Mulyana (Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM), Y. Bambang Sumaryo (Perkumpulan Pengguna Listrik Surya Atap), Hetifah Sjaifudian (Anggota DPR RI), dan Nia Wardini Said Didu (Ketua Umum PIII).

Rida Mulyana mengingatkan agar masyarakat dapat bijak dan rasional dalam menggunakan energi listrik. Ia meminta semua pihak untuk menghemat listrik karena masih banyak masyarakat Indonesia di berbagai daerah khususnya di wilayah timur Indonesia masih kekurangan listrik, yakni lebih dari 2500 desa yang belum teraliri listrik.

“Saya contohkan, ketika menonton TV, kadang kita lupa mematikan dan mencabut colokan sampai tertidur sehingga TV yang menonton kita (pemirsa). Coba bayangkan jika ada ribuan orang seperti itu. Ini kan tidak hemat listrik. Kita ingin penggunaan energi yang berkeadilan”, papar Rida disertai tawa peserta talk show.

Pembicara lainnya Hetifah menyampaikan perlunya dukungan dana yang cukup untuk mengembangkan energi baru dan terbarukan. Ia juga mengajak masyarakat untuk menghemat penggunaan listrik.

“Kita sebagai ibu rumah tangga berperan penting untuk turut menghemat listrik. Jika alat-alat eloktronik tidak digunakan sebaiknya dicabut kabel listriknya”, ajak Hetifah.

Sementara itu, Bambang Sumaryo mendorong pengembangan energi baru dengan menggunakan sinar matahari. Ia menyontohkan beberapa orang sudah memanfaatkan Rooftop Solar PV Installation (listrik surya memanfaatkan atap rumah).

Sementara itu, Nia Wardani, Ketua PIII berkomitmen untuk mengkampanyekan hemat listrik. Ia juga bersiap menjadi mitra pemerintah untuk membantu menyosialisasikan program hemat listrik.