Banyak kendala dalam proses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Seperti yang dialami di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Jannatul Makwa. Minim fasilitas seperti laptop, menjadi evaluasi UNBK tahun 2017 ini.

Pekanbaru.Fabana – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) paket C terkendala masalah ketersediaan komputer. Ini terjadi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Jannatul Makwa desa Rambah Tengah Hilir Boter kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Demi terlaksananya UNBK, pihak PKBM meminjam laptop para siswanya.

“Minimnya fasilitas yang dimiliki PKBM, kami terpaksa meminjam Laptop milik siswa, agar UNBK tetap berlangsung,” demikian dikatakan Zulfikri, Kepala PKBM Jannatul Makwa, Sabtu (15/4/2017).

Zulfikri menambahkan bahwa selain terkendala laptop dan harus meminjam siswanya, pihak PKBM juga harus menumpang ujian di sekolah “tetangga” SMAN 1 Rambah. Hal ini dikarenaka PKBM tidak tersedia server internet untuk melaksanakan UNBK.

Baca juga: Pemerintah Sayangkan Kecurangan UNBK

PKBM Jannatul Makwa adalah sekolah non formal di daerah Rohul yang melaksanakan UNBK. Menurut Zulfikri, jumlah peserta ujian sebanyak 20 siswa. UNBK ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 dan dilanjutkan minggu depan Tanggal 22-23.

“Untuk pelaksanaan UNBK hari pertama ini, peserta melaksanakan ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Geografi,” ujar Zulfikri. [F/ADS]