Penelitian itu selalu menjadi misteri, saat hati seseorang telah jatuh pada kegiatan ini, saat suka menjadi cinta, bahkan kita akan rela menawarkan segala daya kepada kegiatan penelitian diluar sana,

 

FABANA.id. Meneliti adalah tentang menumbuhkan keberanian untuk mengungkap asa yang selama ini terpendam. Penelitian ada untuk diungkapkan bukan hanya menjadi rahasia yang tersimpan dalam kegelapan.

Seringkali mahasiswa dibuat bingung dengan tugas akhir yang mereka harus kerjakan, pada jenjang sarjana.

Mahasiswa selalu dibuat resah dengan tugas akhir yang harus mereka tuntaskan. Skripsi atau tugas akhir menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Kebanyakan mahasiswa tumbang saat ingin melalui ujian di fase permulaan, di titik itulah mahasiswa sempat tidak menemukan harapan bahkan tak jarang mereka coba tinggalkan dan akhirnya terlewatkan.

Sesungguhnya tugas akhir yang mereka akan kerjakan, sering disebut sebagai kegiatan meneliti atau penelitian. Sebuah kegiatan yang memang harusnya banyak mahasiswa lakukan. Lain ladang lain belalang, itulah ungkapan penggambaran bahwa kondisi mahasiswa tingkat akhir di universitas yang kini saya naungi kewalahan.

Mereka tidak sadar bahwa semua ini adalah ujian atas kegiatan yang sudah mereka lalui bertahun-tahun.
Puncak dimana seorang mahasiswa harus pandai mengungkapkan realita yang terjadi dilapangan melalui beragam penelitian.

Anehnya mereka sepertinya sibuk dengan kegiatan harian dan melupakan tugas utamanya sebagai seorang calon sarjana. Entah mengapa mereka demikian, saya hanya mengangguk tanda paham akan aktivitas diluar sana yang mereka lakukan.

Saat duduk dibangku kuliah dahulu, sepertinya saya tak melulu demikian, alasan demi alasan coba mereka utarakan sebagai bentuk pembelaan.
Betul saja saya baru sadari bahwa mereka terlalu banyak membuang waktunya untuk tidak mengerjakan yang harusnya itu mereka utamakan. Toh, sebenarnya mereka juga tahu bahwa pekerjaan ini sama melelahkan jika tak segera dituntaskan.

Saya yakin mereka bukan tidak ada waktu untuk hanya sekedar berkonsultasi judul penelitian, sesungguhnya waktu itu ada dan mereka miliki. Namun bukan untuk melakukan penelitian. Mereka terlalu asyik dengan kegiatan yang kini mungkin saja mereka dambakan, ah sudahlah, toh semua ini hanya ungkapan kebaikan.

Saat mereka sadar dan pergi menghadap untuk melaksanakan penelitian, saat itulah sesungguhnya mereka menumbuhkan keberanian. Iya semua orang tentu tahu bahwa penelitian bukanlah pekerjaan remeh dan gampang, ada jutaan temuan yang akan dapat dijumpai jika memang itu dilakukan sesuai aturan.

Keberanian untuk melakukan penelitian tidaklah mudah untuk ditumbuhkan, keberanian itu memang terpendam, saat kecintaan terhadap kegiatan meneliti belum diungkapkan.

Banyak mahasiswa hanya menuliskan keinginan serta harapan tanpa didukung dengan aturan yang harusnya mereka terapkan. Alhasil, keberanian itu hanyalah bungkus dibalik kegiatan akhir yang menjemukan. Bagaimana bisa mereka mengatakan bahwa darinya lah perubahan akan dapat diwujudkan, jikalau pribadi yang terdapat didalamnya tak elegan seperti yang sering mereka dengungkan.

Rahasia di dalam fenomena harus segera bersama diuraikan, mari belajar dan berkarya melalui penelitian. Sederhana saja mari dimulai melakukan penelitian melalui goresan tulisan. Tentu yang dituliskan pun berdasar dari argumen pribadi saat sudah menjumpai sebuah kejadian.

Seharusnya bukan permasalahan untuk tidak menyukai perbedaan pandangan atau argumen yang bersebrangan, tentunya peran melakukan penelitian setidaknya akan menjawab kerancuan pandangan yang selama ini santer diberitakan.

Keberanian melakukan penelitian harusnya juga dibarengi dengan bekal pengetahuan, bukan sekedar terjun ke lapangan lalu melakukan pengamatan mendalam pada objek penelitian. Ibarat kapal yang mengarungi lautan tanpa tujuan, penelitian tanpa pengetahuan pun demikian.

Penelitian yang mereka lakukan tetap saja akan berjalan, namun jawaban yang ingin diungkapkan akan lama ditemukan. Setidaknya keberanian untuk memulai penelitian sudah berhasil diwujudkan, jangan lupa pula untuk menambah pengetahuan agar penelitian yang dilakukan memiliki dampak luas terhadap kehidupan di masa depan.

Penelitian itu selalu menjadi misteri, saat hati seseorang telah jatuh pada kegiatan ini, saat suka menjadi cinta. Bahkan kita akan rela menawarkan segala daya kepada kegiatan penelitian diluar sana, meskipun kenyataanya kita tidak punya kuasa, jika kegiatan penelitian ini tidak sepenuhnya berlabuh di dermaga benak kita.

Foto: Antara