Bahasa Arab merupakan bahasa internasional ke-6 yang ditetapkan oleh UNESCO sehingga penting untuk dipelajari

Fabana.id-Jakarta. Ikatan Mahasiswa Studi Arab Se-Indonesia (IMASASI) memperingati hari bahasa Arab se-dunia yang jatuh pada tanggal 18 Desember dengan rangkaian kegiatan Pawai Ceria. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Bunderan Hotel Indonesia (HI), minggu (17/12).

Pawai dimulai dengan kegiatan  Long March dari halte Bank Indonesia sampai Bunderan HI sejak pukul 08:00 – 11:00 WIB. Atribut yang dikenakan oleh peserta pawai bertemakan nuansa Arab seperti aksesoris Cleopatra, raja Arab hingga mummy.

Pawai tersebut juga menjadi ajang untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat bahwasanya bahasa Arab merupakan bahasa internasional ke-6 yang ditetapkan oleh UNESCO sehingga penting untuk dipelajari.

“Semoga acara Pawai Ceria ini dapat memberikan pengetahuan betapa besarnya potensi Bahasa Arab dikancah internasional dan semoga masyarakat mulai mempelajari bahasa Arab”, ujar Zakariyal, ketua IMASASI.

Zakariyal melanjutkan, tahun ini adalah tahun ketiga IMASASI wilayah JABODETABEK mensosialisasikan hari bahasa Arab se-dunia dengan kegiatan Pawai Ceria. Selain long march kegiatan juga dimeriahkan dengan memberikan balon dan flyers yang berisi informasi seputar hari bahasa Arab se-dunia.

Selain itu juga ada kegiatan pembacaan puisi bahasa arab yang bertemakan pendidikan oleh Tria Nurlela. Pawai ini mendapat apresiasi dari masyarakat dengan ikut mengunjungi booth merchandise yang disediakan panitia di sekitar Bunderan HI.

Bahasa Arab merupakan bahasa internasional ke-6 yang ditetapkan oleh UNESCO. Setiap tanggal 18 Desember IMASASI merayakan hari bahasa Arab Se Dunia. (Foto: Istimewa)

Pawai Ceria. Long March dengan berbagai atribut bernuansa Arab seperti aksesoris Cleopatra, raja Arab hingga mummy. (Foto: Istimewa)

“Saya baru mengetahui adanya hari bahasa Arab se-dunia, memang perlu adanya acara positif seperti ini untuk ajang pelestarian peradaban dan budaya suatu bahasa”, ucap Reza, pengunjung car free day. Rangkaian acara ditutup dengan chant IMASASI dari seluruh peserta pawai.