FABANA.id – Jakarta. Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengajak masyarakat, khususnya Pramuka di seluruh Indonesia untuk ikut meramaikan kegiatan Raimuna Nasional XI (Rainas). Caranya dengan membuat video pendek berdurasi 10 detik dengan tema Rainas, yakni Pramuka untuk Masa Depan Indonesia: Kreatif Inovatif Berkarakter.

“Kami mengajak Pramuka untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Rainas. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan membuat video pedek, cukup 10 detik,” ujar Andalan Nasional Kwarnas Bidang Kominfo, Luqman Hakim Arifin, Senin (10/7) seperti yang rilis yang diterima Fabana dari Gerakan Pramuka Indonesia.

Lukman yakin, Pramuka punya kualitas yang baik untuk membuat video. Tidak harus menggunakan alat profesional, melainkan cukup menggunakan gawai tau gadget seperti telepon seluler. “Di era digital ini semua konten untuk medsos bisa kita buat dengan mudah menggunakan ponsel. Dan saya yakin Pramuka punya kemampuan untuk itu,” tuturnya.

Batas pengiriman video ini pada 17 Juli 2017. Pramuka dipersilakan mengunggah video hasil karyanya di akun Instagram masing-masing dan mention akun IG Kwarnas @GerakanPramuka dengan tagar #RainasPramuka2017 dan #SetiapPramukaAdalahKantorBerita.

“Nanti 40 video yang paling gembira, seru, dan kreatif akan akan digabungkan menjadi dua video keren untuk disebarluaskan di media sosial,” jelasnya.

Rainas akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, pada 13-21 Agustus 2017. Kegiatan ini akan diikuti 15.000 peserta dari 34 Provinsi dan 514 Kota/Kabupaten di NKRI. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan membuka kegiatan akbar ini.

Sumber: Gerakan Pramuka Indonesia