rapat-fabana

“Perjalanan seribu kilo meter, diawali dengan ayunan langkah kaki pertama,”

Nasihat tersebut sering kali kita terima dari para guru dan Kyai saat nyantri di Gontor. Langkah pertama mungkin terlihat kecil, langkah kecil sering kali dipandang sebelah mata. Langkah sederhana, meski sering diremehkan, jika kita konsisten dan tulus menjalankan. Akan berdampak besar dalam perjalanan panjang yang akan dicapai.

Karena, sehebat-hebat retorika, setinggi-tinggi gelar pendidikan, seluas-luasnya pengetahuan, sedalam-dalamnya pemahaman, akan kalah dengan satu aksi nyata. Dan satu aksi nyata akan sia-sia jika tidak dijalani dengan keikhlasan.

Begitu juga dalam mengelola Fabana.id. Dalam usianya yang masih sangat muda, langkah-langkah kecil dipandang perlu dan dibutuhkan supaya bahtera sampai pada pulau harapan.

Ibarat pohon, cita-cita kita ingin  memetik buah dari tanaman yang ditanam. Namun, saat ini yang terjadi benih sudah ada di tangan. Namun belum ada yang siap menanam apalagi sampai memanennya. Fabana.id adalah benihnya dan kemakmuran alumni 10 windu adalah buahnya.

Karena itu, supaya benih segera ditanam dan bisa dipetik buahnya. Pada Sabtu malam, 26 Nopember 2016, beberapa perwakilan hadir di Kantor Citifin Multifinance Syariah, Fatmawati Jakarta untuk merumuskan langkah strategis yang dibutuhkan supaya bahtera ini segera berlayar.

Adapun point terpenting yang dirumuskan dalam pertemuan tersebut adalah pembentukan struktur tim Fabana.id yang terdiri dari: Web Developer, Content Writer dan Business Development. Tim Web Developer bertanggungjawab terhadap pengembangan dan pemeliharaan IT web, sedangkan Tim Content Writer memiliki peran dalam mengupdate dan memperkaya isi website sehingga mengundang banyak viewers. Tim terakhir, Business Development berupaya untuk membuat fabana.id profitable yang keuntungannya bisa digunakan untuk biaya maintenence web dan wakaf marhalah. 

Karena masih baru ditanam dan belum ada buahnya, jadi untuk progress langkah awal ini dikerjakan secara keroyokan. Kita yang menulis contennya, kita juga yang mengenalkan, menshare tulisan di berbagi media sosial, membangun jaringan dengan berbagai partner dan kita juga yang mengelola supaya Fabana.id bisa menjadi portal rujukan bagi alumni 10 Windu dan Alumni lintas Marhalah Gontor khususnya.

Adapun spirit atau tema besar yang menjadi pembeda Fabana.id dengan website marhalah Gontor lainnya adalah kita mengusung aspek lokalitas dan globalitas. Lokalitas merujuk pada konten mengenai kegiatan marhalah,  Gontor,  dan pesantren yang mana sasaran pembacanya adalah anggota marhalah dan alumni pesantren. Aspek global mencakup informasi umum tentang masalah keumatan yang  bisa dijadikan rujukan bagi khalayak ramai.

Untuk merealisasikan program di atas ada beberapa  eksekusi yang akan kita lakukan:

  1. Membuat grup wa khusus kru fabana.id
  2. Mengadakan rapat online bulanan yang membahas teknis keredaksian yang waktunya akan ditentukan kemudian.

Semoga Allah meridhai usaha kita dan menilainya sebagai amal saleh, amin. (*)