Jejak-jejak prestasi dan pencapaian Bapak B.J. Habibie sebagai Bapak Teknologi Indonesia memiliki kekuatan untuk mendorong dan memotivasi Indonesia menjadi mandiri di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi.

Hal ini terbukti ketika lebih dari 56.000 orang menghadiri Habibie Festival pertama diadakan selama empat hari pada bulan Agustus 2016. Tingginya antusiasme dari masyarakat terhadap acara ini dan banyaknya media yang meliput membuat kita menyadari bahwa acara dengan tema IPTEK sangat dinantikan oleh masyarakat.

Banyaknya siswa, orangtua murid, dan guru yang datang ke Habibie Festival untuk belajar dan mencoba berbagai macam teknologi dari perusahaan – perusahaan terkemuka di Indonesia mengindikasikan bahwa acara yang bertema IPTEK untuk anak – anak dan keluarga sangat dibutuhkan di Indonesia.

Tahun ini Habibie Festival 2017 akan diselenggarakan selama 7 hari dengan tema :  “Technology and Innovation for People” Lihat, Sentuh, Rasakan Teknologi dan Inovasi Terbaru untuk masa depan yang lebih baik.

Lebih dari 100 perusahaan akan berpartisipasi dalam seminar, workshop, forum diskusi, kompetisi dan pameran yang akan membuat masyarakat dapat merasakan pengalaman menggunakan dan bahkan menciptakan teknologi serta inovasi baru. Kami juga akan memberikan apresiasi untuk karya-karya terbaik di Indonesia.

Seperti tahun sebelumnya Habibie Festival 2017 dipersembahkan oleh Berkarya!Indonesia, CATEC, serta The Habibie Center  dan diorganisir oleh Orbit Ventura Indonesia. Dan didukung oleh Bekraf, Line, dan Intel Indonesia. Acara ini menghadirkan beberapa festival mini yang akan dihadirkan diantaranya adalah  Aviation Festival, VR/AR/MR Festival, Indonesia Funding Festival, Young Makers Festival, IoT & Robotics Festival, Mobile Video & Film Festival, dan STEAM Festival.

Acara lain yang tidak kalah menariknya adalah event Next Habibie Awards, Food Innovation Bazaar, Makerthon, Diaspora engagement Forum, dan lain-lain.  Selain teknologi dan inovasi, Habibie Festival 2017 juga akan mengusung tema-tema yang lain yaitu Social Entrepreneurship, Gender Diversity, Remote Areas Empowerment, Youth Inclusivity & Trust , Intellectual Property dan ASEAN Day.