Sumber foto: Santrinews.com

Sumber foto: Santrinews.com

Lewat lembaga yang didirikan dengan nama Yayasan Peduli Pesantren (YPP). Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo alokasikan dana sebesar Rp 2 miliar untuk pengembangan Pondok Pesantren di Indonesia. Targetnya, hingga akhir tahun 2016 bisa mencapai Rp 5 miliar.

Dikutip dari Santrinews.com (4/12/2016) Hary mengklaim dana yang dialokasikan untuk Pondok Pesantren berasal dari dana pribadi dan mitra MNC. Nantinya dana tersebut akan diberikan lewat YPP.

“Ada puluhan ribu pesantren di Indonesia, tapi kondisi sarana dan prasarana tidak mendukung. Padahal kita tahu di situ adalah pendidikan agama dan moral,” jelas Hary saat peluncuran YPP di Gedung MNC Financial Center.

Dalam acara tersebut, hadir pula para tokoh agama, diantaranya Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, dan Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang KH Shalahuddin Wahid, dan Ketua PP Muhammadiyah Hajriyanto Y Tohari.

Lebih lanjut Hary mengaku memperoleh gagasan itu setelah mengunjungi sejumlah daerah di Indonesia. Dia prihatin dengan kondisi mayoritas pesantren yang tidak didukung sumber daya memadai. Karena itu, nantinya, YPP akan mendukung serta membantu seluruh pembangunan sarana dan prasarana pesantren yang ada di Indonesia.

Diakui Hary, YPP akan bekerja sama dengan tokoh agama, MUI, dan ormas Islam lainnya. Sedangkan dana untuk YPP berasal dari corporate social responsibility (CSR) MNC Gorup serta bantuan dari berbagai mitra kerja dan masyarakat luas yang peduli pada pendidikan di pesantren.