Jakarta- FABANA.id.  Sabtu, 13 Januari 2018, Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) berkesempatan mengadakan acara Ambassador’s Talk bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Acara yang diadakan di Auditorium Kementerian Koperasi Dan UKM ini sekaligus juga untuk memperingati 60 tahun hubungan kerjasama Indonesia – Jepang, dengan tagline “Kerja Bersama,Mmaju Bersama”

Acara ini dihadiri H.E. Masafumi Ishii, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia, serta para pengusaha Jepang di Indonesia. Dari pihak IABIE selaku penyelenggara, ada Bimo Sasongko BSAE, MSEIE, MBA ketua umum IABIE, sekaligus juga Presiden Direktur dan CEO Euro Management Indonesia (EMI). Selain itu, ada ketua umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia sekaligus ketua Dewan Penasehat IABIE, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie SH. Serta juga dihadiri para alumni IABIE, para mahasiswa dan berbagai awak media.

Kontribusi Jepang dalam pembangunan Indonesia sangatlah penting. Optimalisasi hubungan kerjasama Indonesia – Jepang diperlukan guna menghadapi tantangan globalisasi dan persaingan dunia. Baik kerjasama di bidang perdagangan, investasi, kebudayaan, pariwisata, ristek hingga ketenagakerjaan. Tak luput juga agenda kerjasama pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten menjadi aspek vital dalam pembangunan Indonesia.

Bimo Sasongko dalam sambutannya mengatakan fungsi Alumni IABIE sebagai “salah satu bentuk International Diplomatic Indonesia dengan berbagai negara-negara dunia”, termasuk negara Jepang.

“Acara ini berhubungan erat dengan 60 tahunnya hubungan Indonesia-Jepang, ternyata hubungan kita telah mencapai 60 tahun, yaitu merupakan angka yang luar biasa,” tuturnya.

“Untuk itu, IABIE juga berada di barisan terdepan untuk terus menjadi penghubung antara orang Indonesia dan orang Jepang,” lanjutnya.

Sedangkan Jimly Asshiddiqie dalam sambutan lain menjelaskan bahwa fungsi alumni IABIE ialah menjadi jembatan intelektual antara Indonesia dengan dunia luar. Indonesia akan menjadi negara berpengaruh keempat yang menentukan di dunia dengan potensi sumber daya alam dan sumber daya insaninya. Hal ini berdasarkan bahwa Indonesia merupakan negara berpenduduk terbesar ke-4.

Puncak acara ialah persentasi dari Duta Besar Jepang dengan tema “Kerja Bersama, Maju Bersama Japan-Indonesia Strategic Partnership” yang kemudian dilanjutkan diskusi.

Acara ini ditutup dengan pemberian cindera mata dari pihak IABIE sebagai penyelenggara acara kepada Duta Besar Jepang, Masafumi Ishii. Cindera mata berupa sebuah sebuah wayang dari sosok Arjuna. Mengingat bahwa tokoh wayang Arjuna telah menjadi icon atau simbol pada logo Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia.

Oleh: Abdurrahman